SMKN 1 Labuan Bajo Gelar Kegiatan MPLS T.P 2024/2025, Ini Kegiatannya

Berita SMK Negeri 1 Labuan Bajo. Suara yel-yel meriah menggema di halaman SMKN 1 Labuan Bajo dan Aula SMKN 1 Labuan Bajo menandai dimulainya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 576 peserta didik baru tahun pelajaran (T.P) 2024/2025. Mengusung tema "Pendidikan Inovatif, Edukatif, Kreatif, Tanpa Adanya Tindakan Kekerasan, Diskriminasi dan Intoleransi". MPLS tahun ini diharapkan mampu mengantarkan peserta didik baru dalam memahami visi dan misi sekolah serta mempersiapkan mereka dalam menjalani proses belajar mengajar di SMKN 1 Labuan Bajo.

Ketua MPLS SMKN 1 Labuan Bajo, Bpk. Arianto Usman, yang akrab disapa Pak Yanto, menjelaskan bahwa kegiatan MPLS akan berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2024. Berbagai materi menarik telah disiapkan untuk membekali peserta didik baru, seperti:

1. Materi Wawasan Wityamandala oleh Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Ibu Viktoria Timung Wulang, S.Pd

2. Materi Pencegahan Kekerasan pada Anak oleh Ibu Fatima Melani Rambing dari Dinas Sosial P3A, Kabupaten Manggarai Barat

3. Materi Pencegahan diskriminasi dan intoleransi di kalangan pelajar oleh Bapak Silvester Guntur, SH.M.M

4. Materi Kurikulum dan Tata Tertib oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum SMKN 1 Labuan Bajo, Bpk. Yohanes Juman

5. Ice breaking dan pengumuman oleh panitia MPLS

6. Materi ekstrakurikuler oleh pembina OSIS dan Pramuka SMKN 1 Labuan Bajo

7. Pengenalan kompetensi keahlian oleh ketua program

"Tujuan utama MPLS ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, sistem pembelajaran, dan budaya SMKN 1 Labuan Bajo kepada peserta didik baru," ujar Pak Yanto, Senin, (15/7/2024). "Selain itu, kami juga ingin menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan di antara mereka, serta melatih kedisiplinan dan tanggung jawab.", tambah Pak Yanto.

Salah satu materi yang menarik perhatian adalah tentang Tata Tertib yang disampaikan oleh Bapak Yohanes Juman, Wakasek Kurikulum SMKN 1 Labuan Bajo. Pak Jhon, sapaan akrabnya, menekankan pentingnya bagi peserta didik baru untuk memahami dan mematuhi tata tertib sekolah.

"Sebagai lembaga pendidikan, SMKN 1 Labuan Bajo memiliki aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta didik," jelas Pak Jhon. "Aturan ini dibuat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman bagi semua pihak", tambah pak Jhon.

Pak Jhon juga menyampaikan bahwa SMKN 1 Labuan Bajo memiliki 33 poin tata tertib yang harus dipahami oleh peserta didik baru. Poin-poin tersebut meliputi kewajiban dan hak peserta didik, serta sanksi yang akan diberikan jika melanggar aturan.

"Kami berharap dengan memahami tata tertib sekolah, peserta didik baru dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik dan bertanggung jawab," ujar Pak Jhon.

MPLS SMKN 1 Labuan Bajo juga diwarnai dengan berbagai kegiatan seru lainnya, seperti PBB, olahraga, games, kebersihan lingkungan sekolah. Para peserta didik baru terlihat antusias mengikuti setiap kegiatan, dan terlihat semakin akrab satu sama lain.

Kegiatan MPLS ini akan diakhir dengan upacara penutup, makan malam bersama dan api unggun dan penutup.

MPLS SMKN 1 Labuan Bajo merupakan langkah awal yang penting bagi peserta didik baru dalam memulai perjalanan mereka di dunia pendidikan. Dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan, diharapkan MPLS ini dapat menumbuhkan semangat belajar dan motivasi para peserta didik baru, serta mengantarkan mereka menjadi generasi muda yang unggul dan berkarakter mulia. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *