Hebat! SMKN 1 Labuan Bajo Menjadi Pusat Pembelajaran Pariwisata Bagi Sekolah Se-NTT

"SMK Negeri 1 Labuan Bajo terpilih sebagai sekolah pusat pembelajaran pariwisata bagi sekolah se-NTT. Sehingga sewaktu-waktu datang belajar dan studi banding di sekolah pusat keunggulan SMK Negeri 1 Labuan Bajo" ucap Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Ibu Viktoria T. Wulang di hadapan GTK SMKN 1 Labuan Bajo. 

"Pemilihan SMKN 1 Labuan Bajo sebagai pusat pembelajaran pariwisata bagi sekolah se-NTT berdasarkan hasil kegiatan bimtek yang diselenggarakan di Ibu kota Kabupaten Manggarai, Ruteng, pada 30 Maret s/d 1 April 2023" pungkasnya.

Berikut ini penjelasan singkat tentang SMKN 1 Labuan Bajo. 

SMKN 1 LABUAN BAJO

Lembaga SMKN 1 Labuan Bajo merupakan SMK yang paling tua di kabupaten Manggarai Barat dan juga sebagai representasi SMK Negeri Se-Manggarai Barat. Sekolah ini dibangun 26 tahun yang lalu.

KURIKULUM MERDEKA 

Sekarang SMKN 1 Labuan Bajo sudah menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun 2021.  

BIDANG KEAHLIAN 

Sekolah ini memiliki tiga bidang keahlian yaitu pertama, Bidang pariwisata, dengan tiga program keahlian yaitu program keahlian Kuliner, program keahlian perhotelan dan program keahlian Usaha Layanan Pariwisata (ULP); 

Kedua, Bidang Teknologi Informatika, dengan dua program keahlian, yaitu program keahlian PPLG dan program keahlian TJKT; 

Ketiga, Bidang Akuntansi, dengan program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

DATA SISWA DAN GTK 

SMKN 1 Labuan memiliki jumlah siswa sebanyak 1550 orang pada tahun pelajaran 2022/2023. Sedangkan GTK berjumlah 101 orang, dengan perincian guru berjumlah 86 orang dan tenaga kependidikan sebanyak 15 orang. 

RPS 

Sekarang SMKN 1 Labuan Bajo memiliki 10 RPS (Ruang Praktek Siswa). Perinciannya yaitu 2 RPS untuk program Kuliner, 2 RPS program perhotelan, 1 RPS program Akuntansi, 1 RPS program ULP, dan 1 RPS program TJKT dan 3 RPS program PPLG. 

TEFA

Pengembangan TEFA (Teaching Factory). Saat ini produk SMKN 1 Labuan Bajo membuat roti manis untuk program kuliner, jasa perhotelan untuk program perhotelan dan Tefa ini masih dalam rintisan dan sudah berjalan baik sejak tahun 2021. 

PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL 

Pada pembelajaran kearifan lokal, SMKN 1 Labuan Bajo mengajarkan kepada peserta didik tentang torok tuak curu, tarian tiba meka, tarian caci dan serta mengajarkan siswa tentang makanan kearifan lokal orang Manggarai seperti Luwuk, Kue Serabe, Nasi Kaget, Sobol dan lain-lain. 

PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK 

SMKN 1 Labuan Bajo mengolah sampah organik dan anorganik. Pengolahan sampah anorganik dikelola oleh Jurusan akuntansi, sedangkan pengolahan sampah organik dikelola oleh jurusan ULP. Pengolahan sampah organik program ULP yaitu pembuatan ekoenzim.

AKREDITASI 

Secara akreditasi, SMKN 1 Labuan Bajo dengan akreditasi A untuk 3 program keahlian yaitu ULP, Boga, Hotel, PPLG dan akreditasi B untuk 2 program keahlian yaitu program keahlian TJKT dan AKL.

TITIK LOKASI PELAKSANAAN SELEKSI P3K DAN CPNS

SMKN 1 Labuan Bajo mendapat piagam penghargaan dari BKN karena telah bekerja sama dan pelayanan prima sebagai titik lokasi pelaksanaan kegiatan ujian seleksi CPNS dan P3K dari bidang kesehatan, guru dan tenaga teknis. (Paje)

1 Komentar

Tory

Mantap dan bangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *