Kegiatan Pesantren Ramadhan SMKN 1 Labuan Bajo

SMKN 1 Labuan Bajo menyelenggarakan kegiatan pesantren ramadhan dengan tema "Kokohkan hati dengan iman, taklukan dunia dengan Al-Quran, sehingga terbentuknya pelajar yang bertaqwa, berakhlak mulia dan berwawasan luas". Kegiatan pesantren bertempat di ruang teori progam keahlian akuntansi dan keuangan lembaga (AKL) SMKN 1 Labuan Bajo dan akan berlangsung selama 3 hari, dari 13-15 April 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Ustaz Muhammad Syukron, S.Pd.I, seorang tenaga pengajar di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas NW Werang Kec. Sano Nggoang, Kab. Manggarai Barat sebagai pemateri serta diikuti oleh 115 peserta didik beragama Islam SMKN 1 Labuan Bajo. Kegiatan Pesantren Ramadhan dipandu oleh Bapak Dahlimin Dalimado, S.Pd.I selaku pembina keagamaan atau kerohanian Islam (ROHIS) SMKN 1 Labuan Bajo dan dibuka secara resmi oleh kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Ibu Viktoria T. Wulang, S.Pd. 

Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, ibu Viktoria menyampaikan awal sambutan dengan ucapan selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan kepada 115 peserta didik beragama Islam SMKN 1 Labuan Bajo. 

"Saya atas nama pribadi dan lembaga SMKN 1 Labuan Bajo mengucapkan selamat menjalankan 'Ibadah Puasa Ramahdan' kepada kalian semua yang hadir di sini" ucap ibu yang disapa Tory itu di acara pembukaan kegiatan Pesantren Ramadhan pada Kamis (13/04/2023) sore.

Ibu Viktoria dalam sambutan menyampaikan ucapan syukur terhadap penyelenggaraan kegiatan pesantren Ramadhan di SMKN1 Labuan Bajo, dilakukan penuh sukacita dan berharap siswa melambungkan sholawat dan salam kepada segenap para Nabi dan Rasul Allah, terkhusus kepada Rasulullah Muhammad saw.

"Tentu kita patut bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena dapat menyelenggarakan kegiatan pesantren ramadhan tingkat satuan pendidkan SMKN 1 Labuan Bajo dalam suasana bahagia dan penuh suka cita mendalam dan berharap semoga di bulan yang penuh rahmat ini peserta didik mendapatkan berkah serta diampuni atas segala nista, serta melambungkan solawat dan salam kepada segenap para Nabi dan Rasul Allah, terkhusus kepada Rasulullah Muhammad saw", ucapnya.

Lebih lanjut Viktoria menyampaikan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa beragama Islam pada seni baca 'Tilawatil Quran'.

"Dalam kegiatan pesantren ini tentu satu hal ditekankan yaitu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik beragama Islam lebih khusus literasi 'seni baca' yang dikenal dengan “Tilawatil Quran”. Semoga melalui kegiatan ini kalian dapat menimba pengalaman belajar Tilawah, menerapkan kecakapan Tilawah dalam kehidupan sehari-hari, terbentuk kepribadian yang berbudi luhur dan menguasai IPTEK. Sehingga out put yang dihasilkan yaitu agar bisa mengisi kesempatan disetiap momentum pegelaran MTQ pada semua tingkatan di wilayah Kabuapaten Manggarai Barat" lanjutnya.

Bapak Dahlimin selaku pembina ROHIS SMKN 1 Labuan menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai progam melekat setiap Ramadhan dan didukung berdasarkan surat edaran dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

"Kegiatan ini sesungguhnya merupakan program melekat pembina keagamaan / kerohanian Islam yang dapat dilakukan disetiap bulan Ramadhan dan kegiatan pesantren ramadhan tahun ini dibuat berdasarkan Surat Edaran : B-984/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/03/2023, yang mana surat himbauan tersebut ditindaklanjuti Kanwil Kemenag Privinsi NTT bersifat himbauan biasa, dengan nomor : B-305/Kw.20.2/PP/03/2023. Adapun isi himbauan tersebut telah terbaca dan telah dipelajari, khususnya oleh guru pengampuh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti", jelasnya.

Kaitan elemen Mapel PAI, Dahlimin menjelaskan bahwa kegiatan pesantren Ramadhan memiliki kaitan elemen Mapel PAI.

 "Kegiatan ini juga sesuai capaian pembelajaran pada aspek Al-Qur'an sebagai bentuk penguatan penanaman nilai-nilai Al-Qur'an guna pembentukan pribadi siswa yang bertaqwa dan berahlak mulia dalam kehidupannya sehari-hari dan berharap kegiatan selama 3 hari ini, siswa diusahakan dapat menguasai dan menyampaikan 7 notasi lagu, Notasi Tilawah AlQur'an. Adapun 7 notasi tilawah yaitu: Notasi Bayati, Notasi Shoba, Notasi Hijaz, Notasi Rast, Notasi Sika, dan Notasi Nahwan" tambahnya.

"Dalam kegiatan pesantren Ramadhan ini Ustadz Dalimin selaku pembina ROHIS SMKN 1 Labuan Bajo mengucapkan terima kasih kepada ibu Viktoria selaku kepala SMKN 1 Labuan Bajo yang telah mendukung serta membuka kegiatan ini secara resmi dan terima kasih pula diberikan kepada Ustaz Muhammad Syukron, S.Pd.I berkenan hadir dan menjadi pemateri kegiatan pesantren Ramadhan yang dilakukan selama 3 hari" tutupnya. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *