Ruang Praktek Kuliner SMKN 1 Labuan Bajo Pusat Pelatihan Paket Tata Boga BLK Kab. Mabar

Berita SMKN 1 Labuan Bajo. Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Manggarai Barat (Kab. Mabar) bekerja sama dengan SMKN 1 Labuan Bajo untuk meningkatkan keterampilan para peserta pelatihan program tata boga. Kerjasama ini terwujud dengan menjadikan ruang praktek siswa program kuliner SMKN 1 Labuan Bajo sebagai pusat pelatihan pengolahan makanan dan minuman bagi peserta BLK.

Pelatihan ini diikuti oleh 16 orang peserta dan berlangsung selama 1 bulan. Ibu Marselina Setia, narasumber kegiatan BLK pada paket tata boga, menjelaskan bahwa para peserta terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan teori sebelum memasuki sesi praktik.

"Kami ingin memastikan para peserta memiliki pemahaman yang kuat tentang materi sebelum mereka mulai praktik," ujar Ibu Marselina, pada Senin (03/06/2024) di ruangan praktek siswa 02 SMKN 1 Labuan Bajo.

Pelatihan ini mencakup berbagai materi, seperti higienitas dan sanitasi, pengembangan pastry, pemanggangan, aneka roti, serta pengolahan makanan dan minuman. Selain Ibu Marselina, pelatihan ini juga didampingi oleh chef Joni dari Golomori.

Ibu Selin, selaku ketua program keahlian kuliner SMKN 1 Labuan Bajo , berharap pelatihan ini dapat membantu para peserta untuk terserap di dunia kerja. Peserta pelatihan berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari SMA, SMK, sarjana, hingga ibu rumah tangga.

"Kami yakin dengan pelatihan ini, para peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka di bidang tata boga, sehingga mereka lebih siap untuk memasuki dunia kerja," ujar Ibu Selin.

Kerjasama antara BLK Manggarai Barat dan SMKN 1 Labuan Bajo ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kuliner di Kabupaten Manggarai Barat. Diharapkan dengan pelatihan ini, para peserta dapat menjadi tenaga kerja yang profesional dan kompeten, sehingga dapat berkontribusi pada pengembangan industri pariwisata di daerah ini. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *