SMKN 1 Labuan Bajo Gelar Ujian Semester Genap 2023/2024, Suasana Hening Menyelimuti Ruangan Kelas

Kabar SMKN 1 Labuan Bajo. Ujian semester genap tahun pelajaran 2023/2024 hari ini resmi dimulai di SMKN 1 Labuan Bajo. Suasana hening menyelimuti ruangan kelas saat para peserta didik dengan fokus mengerjakan soal ujian yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Ujian yang diawasi ketat oleh pengawas ini akan berlangsung dari tanggal 3 Juni hingga 7 Juni 2024.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 1 Labuan Bajo, Yohanes Juman, yang akrab disapa Pak Jhon, soal ujian yang diujikan merupakan materi yang telah diajarkan sebelumnya oleh guru mata pelajaran. Kompleksitas, jumlah, dan bobot soal pun ditentukan oleh masing-masing guru.

"Pedoman penilaian hasil ujian juga ditentukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan," jelas Pak Jhon, pada Senin (03/06/2024).

Lebih lanjut, Pak Jhon menjelaskan bahwa ujian yang digelar di SMKN 1 Labuan Bajo mengikuti beberapa ketentuan, di antaranya:

1. Ujian dilaksanakan pada jadwal mata pelajaran masing-masing sesuai dengan roster KBM harian.

2. Ujian mandiri guru mata pelajaran yang bersifat online dengan jangkauan pengawasan guru tidak optimal sebaiknya dilakukan secara luring tatap muka.

3. Guru dan pengawas diminta untuk tidak terburu-buru dalam mengerjakan tes dan melakukan pengawasan dengan seksama.

Sementara itu, untuk peserta didik yang belum mencapai nilai yang ditetapkan, akan dilakukan remedial dengan cara:

1. Melakukan pembahasan ulang materi dan kompetensi yang belum mencapai target.

2. Melakukan uji ulang indikator yang belum mencapai nilai yang ditetapkan.

3. Memberikan tugas terkait indikator yang belum optimal untuk dipelajari pada waktu tertentu.

4. Menurunkan level proses kognisi pada indikator atau TP (taksonomi level).

Salah satu guru produktif program PPLG, Agustina Diun, menyampaikan bahwa ujian yang dilakukan di kelasnya yaitu ujian praktek berbasis android. Sementara itu, guru Projek IPAS, Frans Sales Sene, menjelaskan bahwa ujian di kelasnya dibuat dalam bentuk pilihan ganda.

Kepala SMKN 1 Labuan Bajo berpesan kepada seluruh guru mata pelajaran dan pengawas untuk mendokumentasikan kegiatan ujian dan dijadikan sebagai laporan kepada pengawas pembina SMKN 1 Labuan Bajo.

Ujian semester genap ini merupakan momen penting bagi para peserta didik untuk mengukur kemampuan mereka setelah menerima pelajaran selama satu semester. Diharapkan dengan ujian ini, para peserta didik dapat memperoleh hasil yang maksimal dan terus bersemangat dalam belajar. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *