Kegiatan Pelantikan Pramuka Bantara SMKN 1 Labuan Bajo

Pada tanggal 28 Mei 2023, SMKN 1 Labuan Bajo dalam gerakan 'Kepanduan' atau praja muda karana (Pramuka) mengadakan kegiatan pelantikan 'Bantara' bagi yang telah menyelesaikan 'Syarat Kecakapan Umum (SKU)' untuk menjadi bantara. Bantara adalah tingkatan SKU pertama dalam satuan pramuka penegak sebelum penegak laksana.

Dalam kegiatan pelantikan Bantara turut hadir pula Pradana Riski selaku ketua, Pradani Astuti selaku wakil, Egi Samanta selaku Pemangku adat dan Wawan selaku Evaluasi dan pengembangan gudep.

Frans Sales Sene, pembina pramuka SMKN 1 Labuan Bajo menyampaikan bahwa sebelum memasuki hari dan tanggal pelantikan pada 28 Mei 2023, peserta calon Bantara memasuki bumi perkemahan pada tanggal 27 Mei 2023 dengan melakukan berbagai kegiatan seperti pendirian tenda pramuka, upacara pembukaan, pembekalan dan pengujian teori Bantara.

"Memasuki hari Sabtu tanggal 27 Mei 2023 peserta calon Bantara memasuki bumi perkemahan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti pendirian tenda pramuka, upacara pembukaan, pembekalan dan pengujian teori Bantara" ucapnya.

Guru Mapel IPAS itu menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan Bantara dilakukan sekitar pukul 13.00 PM WITA bertempat di area publik milik Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu pantai pede, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan pelantikan yang diikuti oleh 28 calon Bantara, dengan perincian 5 orang calon Bantara laki-laki dan 23 calon Bantara perempuan. 

"Saya selaku Pembina pramuka SMKN 1 Labuan Bajo melantik 28 calon Bantara dengan perincian 5 calon Bantara laki-laki dan 23 Calon Bantara perempuan. Pelantikan Bantara dilakukan pada pukul 13.00 WITA di area publik pantai pede milik Provinsi Nusa tenggara Timur dan acara tersebut berjalan sesuai harapan. Semoga bantara terlantik dapat menjalankan tugas dengan baik" lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan pelantikan Bantara wajib dilakukan untuk melanjutkan kepengurusan kakak-kakak bantara sebelumnya serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara.

"Kegiatan ini wajib dilakukan untuk melanjutkan kepengurusan kakak-kakak bantara sebelumnya serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara" pungkasnya.

Wawan selaku Evaluasi dan pengembangan gudep menjelaskan perincian kegiatan tanggal 27 Mei 2023.

"Memasuki hari Sabtu tanggal 27 Mei 2023, peserta calon Bantara memasuki bumi perkemahan. Pada pukul 12.00 AM WITA, peserta calon Bantara diberi materi jurit malam hingga pukul 14.00 AM WITA. Pada pukul 16.00 AM kegiatan senam pramuka. Pada jam 6 AM, peserta calon Bantara melakukan kegiatan lintas medan. Pengujian materi SKU Bantara oleh Bantara calon Laksana kepada calon Bantara di pos masing-masing. Setelah diuji, peserta calon Bantara menuju ke pantai pede untuk tahap selanjutnya yaitu acara pelantikan Bantara" jelasnya.

"Lebih lanjut, siswa jurusan Usaha Layanan Pariwisata itu menyampaikan bahwa pelantikan pramuka bantara ini berjalan dengan sukses, terarah dan berharap dengan adanya Bantara yang sudah dilantik dapat mengemban amanah yang telah diberikan dan menjadikan ekstrakurikuler pramuka menjadi organisasi yang semakin maju dan berkembang di lembaga SMKN 1 Labuan Bajo "tutupnya. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *