US ABT SMKN 1 Labuan Bajo Berjalan dengan Lancar dan Terkontrol

Hampir 100% Siswa SMKN 1 Labuan Bajo memiliki hp android dan menggunakannya sebagai alat komunikasi dan tentu sangat mahir mengoperasikannya. Hp android memiliki sistem operasi, bisa menjalankan aplikasi, dan dapat menjelajah internet. Agar hp Android bermanfaat dengan baik, bisa difungsikan untuk US (Ujian Sekolah).

Pada Minggu ke-4 bulan Maret 2023, kelas XII SMK Negeri 1 Labuan melaksanakan Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan US berlangsung selama 6 hari, dari 24 Maret - 31 Maret 2023. US dilakukan menggunakan smartphone atau ABT (Android Based Test). Sistem ini mirip dengan CBT (Computer Based Test) yang dipakai pada ujian nasional (UN). Pelaksanaan menggunakan ABT (Android Based Test) tentu bergeser dari yang sebelumnya menggunakan Paper Based Test (PBT) atau tes berbasis kertas. 

Pelaksanaan US ABT SMK Negeri 1 Labuan Bajo kali ini bukan yang pertama kali, tetapi kesekian kali. ABT memberikan beberapa keuntungan, yaitu mengurangi kecurangan, hemat biaya, pengoreksian lebih mudah, aplikasi google form nyaman digunakan, soal diacak, peserta ujian mengerjakan nomor soal tes berbeda dengan teman semeja, dan melatih kejujuran siswa dalam ujian. 

Ibu Elsa, salah satu staf bagian kurikulum SMKN 1 Labuan Bajo ketika ditanya jumlah siswa kelas XII yang parsipasi US ABT T.P 2022/2023. Bliau menyampaikan bahwa peserta didik kelas XII yang mengikuti ABT berjumlah 481 orang. "Total peserta US T.P 2022/2023, yaitu 481 orang" Ujarnya, Senin (27/03/2023). 

Lebih lanjut, Ibu Elsa memerinci yaitu Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berjumlah 64 orang, Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) berjumlah 60 orang, Kompetensi Keahlian Akuntansi & Keuangan Lembaga (AKL) berjumlah 62 orang, Kompetensi Keahlian Tata Boga (TB) berjumlah 97 orang, Kompetensi Keahlian Perhotelan (Hotel) berjumlah 99 orang dan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) berjumlah 99 orang. 

Pelaksanaan US moda daring berbasis android bertempat di Ruang TUK masing-masing program keahlian. Dengan perincian, program keahlian Tata Boga dengan 3 ruang TUK, Hotel 3 ruang TUK, UPW 3 Ruang TUK, AKL 2 Ruang TUK, TKJ 2 Ruang TUK dan RPL 2 Ruang TUK.

Bapak Laurensius Moses, salah satu pengawas US ABT menjelaskan bahwa situasi ujian berjalan dengan lancar dan terkontrol dan pelaksanaan ujian dibagi menjadi 3 sesi. "Hari ini peserta US mengikuti ujian berbasis android dengan aman dan terkontrol dan pelaksanaan US dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WITA, dan sesi 2 masuk pukul 09.30 WITA dan sesi 3 dimulai pukul 11.30 WITA, ucap guru matematika itu di depan ruang TUK Tata Boga 3, Senin (28/03/2023) pagi.

Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Ibu Viktoria T. Wulang menyampaikan terimakasih kepada semua pengawas US ABT yang telah menjalankan tugas sebagai pengawas US dengan baik. "Terima kasih banyak atas kerjasama sama yang baik hari ini, semua pengawas mengawas dengan baik dan pelaksanaan ujian berjalan dengan aman dan terkontrol" ucapnya senin (27/03/2023) siang. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *