202 Umat Muslim SMKN 1 Labuan Bajo Merayakan Kegiatan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad

Pada tanggal 17 Februari 2023, SMK Negeri 1 Labuan Bajo menyelenggarakan kegiatan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad bertempat di Aula SMKN 1 Labuan Bajo. Kegiatan keagamaan bernomer 001/Rohis/SMKN1-L.Bj/11/2023 dan dihadiri oleh Ustaz Muhammad Yasin, S.Pd.I dari Mesjid Sernaru Kelurahan Wae Kelambu-Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT selaku penceramah dalam kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad serta dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Ibu Viktoria T. Wulang, S.Pd. Kegiatan keagamaan dikoordinasi oleh Dahlimin Dalimado, S.Pd.I selaku pembina keagamaan atau kerohanian Islam (ROHIS) SMKN 1 Labuan Bajo dan diikuti oleh 202 peserta didik dan guru beragama Islam SMKN 1 Labuan Bajo.

Kepala SMKN 1 Labuan Ibu Viktoria T. Wulang, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita semua dapat menyelenggarakan peringatan peristiwa penting dalam sejarah perjalanan hidup para Nabi, yakni memperingati peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad. Sembari berharap, kiranya dalam kebersamaan kita di Aula SMKN 1 Labuan Bajo ini dapat mempererat rasa persaudaraan dan dapat menyuburkan berbagai keberkahan dalam kehidupan bersama dimasa sekarang dan masa-masa mendatang. 

Dalam Kolektifitas kesadaran beragama, Ibu Viktoria menyampaikan bahwa Indonesia sangat diayomi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seperti yang kita jalankan selama ini, bagi umat muslim dikenal dengan berbagai perayaan keagamaan yang sudah ditetapkan dalam kalender kerja nasional berupa peringatan hari-hari besar keagamaan. Juga sebagaimana halnya dengan umat Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu yang (juga) ditetapkan dalan kalender kerja nasional. Kita tentu sangat bersyukur karena begitu besarnya perhatian negara dalam memberi jaminan kebebasan beragama dalam menjalankan ibadah bagi seluruh umat beragama di Indonesia. 

Dalam konteks kedaerahan, Ibu Viktoria menyampaikan bahwa kita tidak bisa menghianati kenyataan keberagaman sosial, diantaranya keberaganan keyakinan. Sebagai mana yang kita saksikan pada hari ini, Umat Muslim dilingkungan belajar pada satuan pendidikan SMKN 1 Labuan Bajo telah dengan segenap jiwa yang lapang, dapat merayakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad ditengah kemajemukan lingkungan sekolah. 

Sebagai pengetahuan, Ibu Viktoria menyimpulkan bahwa Isra Mi’raj sebagai perjalanan suci, dimulai dari menyucikan diri baginda Nabi Muhammah, lalu bergerak menuju Sang Maha Suci, melewati tempat-tempat yang suci, dan kembali mengantongi pesan yang dapat menyucikan manusia berupa wahyu perintah melaksanakan solat 5 waktu. 

Diakhir sambutan, Ibu Viktoria mengajak peserta kegiatan keagamaan agar mengikuti kegiatan ini sesuai perintah suci dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita menjadi manusia berkepribadian yang luhur, peribadi yang mulia dan pribadi yang bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. 

Bapak Dahlimin Dalimado, S.Pd.I selaku pembina keagamaan atau kerohanian Islam (ROHIS) SMKN 1 Labuan Bajo menyampaikan bahwa kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw mengambil tema “Kontekstualisasi Spirit Isra Mi’raj Dalam Perwujudan Insan Mulia”. 

Adapun tujuan kegiatan peringatan Isra Mi’raj Bapak Dahlimin Dalimado menjelaskan yaitu: Pertama, Sebagai wahana menginternalisasikan arti pentingnya esensi peristiwa sejarah; Kedua, Memperkuat dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan peserta didik sebagai mana yang dituangkan dalan tujuan sistem pendidikan nasional; Ketiga, Memacu semangat peserta didik dalam menimbah pengetahuan melalui pengalaman diluar proses kegiatan pembelajaran di ruang kelas; Keempat, Siswa SMKN 1 Labuan Bajo dapat meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai lokomotif pribadi yang wajib dicontohi baik perkataan maupun perbuatannya. 

"Kegiatan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dilaksanakan pada hari Jumaat tanggal 26 Rajab 1444 H, yaitu bertepatan dengan tanggal 17 Februari 2023 hari ini" ujar pembina ROHIS SMKN 1 Labuan Bajo. (Paje)

 

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *