MENGENAL JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

 

MENGENAL JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

Salah satu jurusan yang ada di SMKN 1 Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) .Jurusan AKL dibuka pada tahun 2016. Pada tahun 2019 Jurusan AKL diakreditasi oleh Badan Akreditasi Provinsi  dengan hasil sebutan B ( Baik ) dengan nilai  83 ( Delapan puluh tiga ) dengan Surat Keputusan Nomor 760/BAP-SM / SK/ 2019.

Sampai saat ini jurusan AKL memiliki enam rombongan belajar ( Rombel ), kelas sepuluh ada dua rombel, kelas 11 ada 2 rombel dan kelas 12 ada 2 rombel. Masing-masing rombel memiliki daya tamping 36 orang siswa.

Akuntansi adalah segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Transaksi keuangan tersebut antara lain adalah mencatat, mengelompokan, mengolah, menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan. Dari informasi yang ada tersebut akan dihasilkan laporan keuangan yang akurat dan bisa menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. SMK jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) akan membekali siswa dengan kompetensi dalam mengelola seluruh transaksi keuangan. Materi apa saja yang dipelajari di SMK jurusan AKL dan bagaimana peluang kerja bagi para lulusannnya?

Mata Pelajaran SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Selain mata pelajaran muatan nasional dan muatan kewilayahan, siswa dibekali dengan  materi muatan peminatan kejuruan. Mata pelajaran muatan peminatan kejuruan ini dibagi menjadi 3, yaitu dasar bidang keahlian, dasar program keahlian dan kompetensi keahlian.

1. Etika Profesi

Mata pelajaran etika profesi akan membahas materi materi yang menyangkut bagaimana kode etik dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan profesi sebagai akuntan.

2. Aplikasi Pengolah Angka

Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk mempermudah proses kerja akuntansi.

3. Akuntansi Dasar

Mata pelajaran ini akan membahas dasar - dasar ilmu akuntansi, seperti konsep debit - kredit, neraca keuangan, atau menyajikan laporan keuangan.

4. Perbankan Dasar

Materi dasar dasar perbankan yang akan diajarkan antaran lain adalah sejarah uang, sejarah bank, serta sistem operasional lembaga perbankan.

5. Pratikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang danManufaktur

Pada mata pelajaran ini materi yang dipelajari adalah mengenai buku besar dan kegunaannya, menentukan debet dan kredit, melakukan posting (pemindahan) entri jurnal ke buku besar hingga menyajikan hasil postingentri jurnal ke dalam buku besar.

6. Pratikum Akuntansi Lembaga / Intansi Pemerintah

Mata pelajaran ini akan membahas mengenai pengolahan keuangan desa, perencanaan dan penganggaran keuangan desa, hingga mengolah perpajakan pada lembaga desa.

7. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan akan membahas tentang penyajian laporankeuangan kepada pihak luar berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modaldan arus kas kepada pemegang saham, kreditor, supplier dan pemerintah khususnya tentang profitabilitas dan kredibilitas perusahaan

8. Komputer Akuntansi

mata pelajaran komputer akuntansi akan membahas mengenaisistem akuntansi yang menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan berbagaiaplikasi aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengolahan keuangan9

9. Administrasi Pajak

Dalam mata pelajaran administrasi pajak, siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Misalnya pengertian pajak,fungsi pajak, kedudukan pajak, jenis-jenis pajak, tata cara pemungutan pajak,dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pajak.

10. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari ilmu mengenaikewirausahaan dan akan diperkenalkan dengan berbagai produk kreatif yang bisamenjadi peluang wirausaha.

Peluang Kerja SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

 

Hingga saat ini SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembagamasik banyak diminati. Hal tersebut karena prospek karier yang cukup menjanjikan bagi para lulusannya. Tiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga profesional untuk mengatur keuangannya. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga :

  1. Staff Akuntan

      Staff akuntan memiliki tugas untuk mengelola keuangan padasebuah perusahaan.

  1. Internal Auditor

      Tugas seorang internal auditor adalah mengurus dan memastikan seluruh laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada penyimpangan dari alokasi-alokasi keuangan tersebut.

  1. Perencana Keuangan

      Perencana keuangan bertugas untuk mengatur seluruh keuangan kliennya.

  1. Credit Analyst

      Seorang credit analyst bertugas utnuk menganalisis kemampuan nasabah atau klien dalam membayar kredit yang mereka ajukan melalui beberapa aspek yang dimiliki oleh nasabah tersebut.

  1. Kasir

      Seorang lulusan akuntansi pastinya memiliki keahlian dalam menghitung yang cukup baik. Keahlian ini akan sangat bermanfaat jika kamubekerja sebagai kasir.

  1. Teller Bank

      Tugas seorang teller antara lain adalah melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan hingga melakukan pemeriksaan kas.

  1. Customer Service Bank

      Meskipun tidak berhubungan langsung dengan uang, namundengan ilmu akuntansi yang sudah dimilliki tentu akan lebih paham mengenai permasalahan-permasalahan yang ditanyakan oleh nasabah.

  1. Budgeting Staff

      Budgeting staff bertugas untuk menyusun, mengelola, dan membuat laporan mengenai anggaran yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan

  1. Staff Inkaso

      Tugas seorang staff inkaso adalah untuk menyiapkan dokumen-dokumen penagihan,  serta mengontrol dan mencatat hasil-hasil penagihan perusahaan.

  1. Staff Gudang
  2. Bendahara

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, jika ditekuni dengan baik seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga bisa menjadi akuntan profesional. Banyaknya peluang kerja bagi lulusannya membuat jurusan ini masih banyak diminati hingga saat ini. Bahkan semboyan "SMK Bisa!" akan mencetak lulusan SMK Jurusan AKL dapat melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi untuk dapat membuka praktik akuntan sendiri.

Jumlah guru kejuruan yang mengajar mata pelajar kejuruan AKL sampai saat ini berjumlah 5 orang, berikut ini.

No

Nama

JK

Tugas

Jenis Pegawai

Ket

1

 

Stefanus Satu, S.Pd

L

Mapel Kewirausahaan / Akuntansi Dasar

PNS

 

Nip. 19661231 199412 1 054

2

Margareta Madis, S.Pd

P

Mapel Akuntansi Dasar / Kewirausahaan

PNS

 

Nip 19800512 201001 2 029.

3

Hilarius Harson, SE

L

Mapel Komputer Akuntansi

Gr. Komite

 

Nip.

4

Regina Selviyati, S.Pd

P

Mapel Akuntansi Keuangan

Gr. Komite

 

Nip.

5

Kristina Rahayu Ratu, S.Pd

P

Mapel Ekonomi

Gr. Komite

 

Nip.

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *