STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM KEAHLIAN RPL
Tujuan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL )
SMKN 1 Labuan Bajo
Tujuan program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar kompeten dalam:
- Menghasilkan lulusan yang bertakwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Teknologi Informatika khususnya Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
- Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).
- Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja baik nasional, regional maupun internasional dibidang Teknologi Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).
- Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten : Menginstalasi software aplikasi spesifik, Mengoperasikan software baplikasi spesifik, Merawat software aplikasi spesifik, Membagun software aplikasi spesifik, Mengelola usaha di bidang pembuatan software aplikasi
- Membekali peserta didik dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni agar mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Struktur Kurikulum Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
( RPL )
Struktur Kurikulum 2018
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
||
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
||
1. |
Sistem Komputer |
72 |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
180 |
3. |
Pemrograman Dasar |
108 |
4. |
Dasar Desain Grafis |
108 |
C3. Kompetensi Keahlian |
||
1. |
Pemodelan Perangkat Lunak |
144 |
2. |
Basis Data |
280 |
3. |
Pemrograman Berorientasi Obyek |
560 |
4. |
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak |
730 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|||||||
1. |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pemrograman Dasar |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
4. |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|||||||
1. |
Pemodelan Perangkat Lunak |
- |
- |
4 |
4 |
- |
- |
2. |
Basis Data |
- |
- |
4 |
4 |
4 |
4 |
3. |
Pemrograman Berorientasi Objek |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
4. |
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak |
- |
- |
8 |
8 |
13 |
13 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |