15 Siswa dan 6 Orang Guru SMKN 1 Labuan Bajo Ikut Semarakkan Coral Triangle Day di Le Bajo Flores

Berita SMKN 1 Labuan Bajo - SMKN 1 Labuan Bajo berpartisipasi dalam kegiatan memperingati Coral Triangle Day di Le Bajo Flores, pada hari Minggu (9/6/2024). Kegiatan ini menjadi wadah bagi para peserta didik dan guru untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang di kawasan Coral Triangle.

Sebanyak 15 peserta didik dan 6 orang guru produktif program keahlian Usaha Layanan Pariwisata (ULP) dari SMKN 1 Labuan Bajo turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka bergabung dengan 15 peserta didik dan 3 orang guru dari SMKN 3 Komodo.

Kegiatan Coral Triangle Day ini merupakan hasil kerjasama dengan beberapa perusahaan bawah laut seperti Coraline, Diver Clean Action (DCA), OCEAN UPRISE, TRASH HERO, DOCK, SCUBA REPUBLIC, dan Kiddy HONSE Bajo.

Salah satu pembina delegasi SMKN 1 Labuan Bajo, Bpk. Heribertus Helgar, yang akrab disapa Pak Ibe, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Coral Triangle Day/Segitiga Terumbu Karang.

"Coral Triangle mencakup wilayah geografis perairan Filipina, Malaysia, Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini, dan Kepulauan Salomon. Wilayah ini dikenal sebagai hotspot keanekaragaman hayati laut karena kaya akan terumbu karang," papar Pak Ibe.

Lebih lanjut, Pak Ibe mengungkapkan bahwa Coral Triangle memiliki sekitar 600 spesies karang, yang setara dengan 75% dari total terumbu karang di dunia. Kekayaan ini menjadikannya wilayah yang sangat penting untuk dilestarikan.

Kegiatan Coral Triangle Day di Le Bajo Flores diisi dengan berbagai aktivitas, seperti: Pertama, Pembersihan sampah plastik: Para peserta didik dan guru bersama-sama membersihkan sampah plastik di sekitar dermaga Putih; Kedua, Snorkeling: Kegiatan snorkeling dilakukan untuk memantau kondisi terumbu karang dan ikan di kawasan tersebut; ketiga, Presentasi dan sharing knowledge: Para ahli dari Coral Triangle Initiative (CTI) memberikan presentasi dan berbagi pengetahuan tentang terumbu karang dan pentingnya menjaga kelestariannya; Keempat, Makan siang dan foto bersama: Kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama dan foto bersama sebagai kenangan.

Pak Ibe menegaskan bahwa kegiatan Coral Triangle Day ini sangat penting untuk mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga terumbu karang. "Terumbu karang bukan hanya indah, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan," ujarnya.

"Dengan menjaga kelestarian terumbu karang, kita dapat memastikan kelestarian ekosistem laut dan manfaatnya bagi generasi mendatang," pungkas Pak Ibe.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Coral Triangle Day ini, para peserta didik dan guru dapat lebih memahami pentingnya menjaga terumbu karang dan menyebarkan kesadaran ini kepada masyarakat luas. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *