Siswa Kelas XII TJKT SMKN 1 Labuan Bajo Kreasikan Ban Mobil Bekas Menjadi Pot Bunga

Siswa kelas XII program TJKT SMKN 1 Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat membuat pot bunga dari ban bekas kendaraan mobil. Kegiatan membuat pot bunga dari ban bekas ini merupakan praktek langsung matapelajaran (mapel) Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). 

Secara umum materi PKK merupakan materi yang mempelajari bagaimana membuat sebuah produk atau mengubah barang kemudian dapat memiliki nilai jual atau guna di lingkungan masyarakat secara luas. Mapel PKK yang tahun 2017 itu tentu mendukung pembelajaran abad 21 seperti kreatif, critical thinking skill, komunikatif dan kolaboratif. 

Peserta Didik (PD) mengerjakan tugas PKK dalam grup atau kelompok yang dibagikan oleh guru mapel PKK. " Kegiatan ini pembuatan pot bunga dari ban bekas mobil dan melibatkan siswa kelas XII TJKT semester enam yang berjumlah 67 orang. Saya beri tugas dan buat kelompok sehingga siswa dapat bekerja dalam kelompok yang dibagikan, ujar Stanislaus Jalala, S.ST guru mapel PKK program TJKT pada Kamis, (02/02/2023) di ruang kerjanya.

Edeltrudis Ivanti kelas XII TKJ 2 selaku ketua kelompok tugas PKK menjelaskan bahwa Kami secara bergotong royong mengerjakannya, anak laki-laki diberi tugas mencari ban bekas kendaraan mobil di sekitar kota super premium Labuan Bajo dan membawa ke ruangan praktek PKK program TJKT SMKN 1 Labuan Bajo. Lebih lanjut, Edeltrudis menyampaikan bahwa anak perempuan membantu memotong karet ban bekas mobil, mengecet dan menyediakan bahan yang digunakan seperti kuas, cat dan minyak cat (warna tergantung selera) dan pylox Nippon, menyediakan peralatan seperti pisau, gunting, paku, palu, linggis dan mesin gerinda dan lain- lain.

 Dari hasil rill pembuatan pot bunga dari ban bekas mobil, Bapak Stanislaus Jalala menyampaikan bahwa akan diserahkan ke bagian lingkungan dan perkebunan SMKN 1 Labuan untuk proses tahap selanjutnya yaitu pengisian tanah dan penanaman bunga. (Paje)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *